Noheartfeeling’s Blog

batasan umum dari politik

Posted on: Januari 6, 2010

Ilmu Politik adalah bahasan sistematis dan generalisasi-generalisasi dari fenomena yang bersifat politik. Ilmu politik bersifat spekulatif sejauh menyangkut norma-norma untuk kegiatan politik, tetapi juga dapat bersifat menggambarkan (deskriptif) atau membandingkan (komparatif) atau berdasarkan logika. Konsep-konsep yang dibahas dalam teori politik mencakup, masyarakat, Negara, kekuasaan, kedaulatan, kelas social, hak & kewajiban, kebijakan umum, kemerdekaan, lembaga-lembaga Negara, perubahan social, pembangunan politik, modernisasi, dll.
• Negara adalah suatu organisasi dalam suatu wilayah yang memiliki kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyatnya dan menertibkan gejala-gejala kekuasaan dalam masyarakat.
• Kekuasaan adalah kemampuan seseorang atau suatu kelompok untuk mempengaruhi perilaku seseoarang atau kelompok lain, sesuai dengan keinginan para pelaku untuk mengikuti aturan yang dibuatnya.
• Kebijakan umum adalah suatu kumpulan keputusan yang diambil oleh seorang pelaku atau kelompok politik, dalam usaha memilih tujuan dan caa untuk mencapai tujuan itu.
• Lembaga Negara misal pemerintah, mencakup aparatur politik teknis untuk mencapai tujuan-tujuan sosial. Hubungan lembaga-lembaga ilmu politik dengan ilmu politik sangat erat, sebab tujuan-tujuan sosial dan politik biasanya ditentukan dalam filsafat dan doktrin politik.
• Masyarakat adalah keseluruhan antara hubungan-hubungan antarmanusia yang saling berinteraksi dan mendiami suatu wilayah tersebut.
• Kemerdekaan adalah bangsa atau negara yang telah memiliki kedaulatan atas negaranya yang dapat diakui oleh negara lain jika negara tersebut telah merdeka.
• Kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi untuk menentukan hukum dalam suatu neagara.
—————————————————————————————————————————–
Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.

Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional.

Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain:

politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles)
politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara
politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat
politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: