Noheartfeeling’s Blog

Informasi Manajemen Biaya

Posted on: Februari 27, 2009

         Adalah informasi yang dibutuhkan untuk mengelola secara efektif perusahaan atau organisasi non laba,

         Baik berupa informasi keuangan tentang biaya dan pendapatan, kualitas, dan faktor kunci sukses lainnyauntuk perusahaan.

Fokus Utama Informasi Manajemen Biaya

·         Kemanfaatan

·         Ketepatan waktu

Fungsi Manajemen

         Manajemen Stratejik

         Perencanaan dan Pengambilan Keputusan

 

         Pengendalian Manajemen dan Operasional

  •  

     

Tugas Controller

·         Pelaporan Keuangan

·         Memelihara sistem keuangan

·         Fungsi-fungsi pelaporan lainnya

MANAJEMEN BIAYA STRATEJIK DALAM ORGANISASI NON-PROFIT

l  Pemerintah dan organisasi non-profit harus memuaskan pihak pemberi dana, pemimpin politik dan masyarakat lus melaui efektivitas dan efisiensinya. Misalnya dengan menggunakan balance scorecard dan analisis value chain.

IMPLIKASI ANALISIS STRATEJIK UNTUK MANAJEMEN BIAYA

l  Perubahan-perubahan dalam lingkungan bisnis mengharuskan perusahaan mengembangkan sistem informasi stratejik untuk mempertahankan secara efektif keunggulan kompetitif perusahaan di dalam industri sehingga menyebabkan perusahaan harus menyediakan jenis informasi yang sesuai

l  Pertama, ada kebutuhan akan informasi yang diarahkan pada tujuan stratejik perusahaan. Memfokuskan laporan pada hal-hal yang operasional saja tidaklah cukup. ‘The Critical Success Factors (CSFs) akan membuat perusahaan dapat mempertahankan keunggulan kompetitifnya.

l  Kedua, usaha untuk mempertahankan keunggulan kompetitif membutuhkan rencana jangka panjang diman analisis SWOT dan analisis value chain digunaka untuk mengidentifikasikan posisi stratejik perusahaan dalam industri.

l  Ketiga, pendekatan stratejik membutuhkan pemikiran yang integratif, tidak memndang sebagai masalah pemasaran saja atau masalah produksi saja atau masalah keuangan atau masalah akuntansi saja, dan pendekatan integratif dan seringkali berbentuk tim.

FOKUS KEPADA PELANGGAN
karena berfokus kepada kepuasan pelanggan maka perusahaan berusaha untuk meningkatakan kualitas produk, pelayanan yang baik kepada pelanggan, ketepatan waktu dalam menyerahkan produk-produknya, dan menciptakan produk baru yang sesuai dengan harapan pelanggan.

ORGANISASI MANAJEMEN
organisasi manajemen telah berubah dalm merespon perubahan pemasarn dan produksi karena berfokus kepada kepuasan pelanggan. Demikian juga organisasi diubah menjadi bentuk yang lebih fleksibel.

LINGKUNGAN BISNIS KONTEMPORER
Perubahan-perubahan utama dalam lingkungan bisnis adalah:
1. meningkatnya kompetisi global
2. kecanggihan teknologi informasi dan pemanufakturan
3. lebih memfokuskan kepada pelanggan
4. bentuk baru organisasi manajemen
5. perubahan sosial politik dan lingkungan budaya

LINGKUNGAN BISNIS GLOBAL


Keadaan lingkungan bisnis global mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan. Perusahaan yang bersaing dalam lingkungan bisnis globalah yang dapat bertahan.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN PEMANUFAKTURAN
persaingan global yang sangat ketat membuat perusahaan melakukan teknologii informasi dan pemanufakturan baru. Perubahan-perubahan pemanufakturan misalnya pemanufakturan fleksibel, penurunan waktu set-up, dan mempercepat pemenuhan pesanan pelanggan

 

PERTIMBANGAN-PERTIMBANGAN SOSIAL, POLITIK & BUDAYA
lingkungan yang baru menyebabkan meningkatnya kebutuhan perusahaan untuk lebih fleksibel dan adaptif dan untuk memberikan pertanggungjawaban yang lebih besar kepada karyawan yang lebih ahli

 

Penyiapan Laporan Keuangan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: