Noheartfeeling’s Blog

Konsep dasar manajemen pemasaran

Posted on: Februari 25, 2009

·         Pemasaran = mengatur hubungan dengan pelanggan yang menguntungkan

Ø KAJIAN KONSEP

·         Perusahaan yang berhasil pada saat ini baik perusahaan besar atau kecil,laba atau nirlaba,domestik atau global,memiliki fokus pelanggan yang kuat dan komitmen besar terhadap pemasaran.

·         Tujuan pemasaran adalah membangun dan menata hubungan pelanggan yang menguntungkan .

·         Pemasaran berusaha menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai unggul dan untuk mempertahankan dan menumbuhkan pelanggan yang ada dengan memberikan kepuasan.

·         Pemasaran beroperasi dalam lingkungan global yang dinamis yang dapat dengan cepat membuat strategi pemenang di masa yang lalu menjadi ketinggalan zaman.

·         Agar berhasil,perusahaan harus sangat fokus terhadap pasar.

Ø MARKETING (PEMASARAN)

·         Definisi 1 Menurut Kotler, yang dimaksud dengan marketing ialah“A social and managerial process by which individuals and groups obtain with they need and want through creating and exchanging product and value with other.”

Yang dapat diterjemahkan secara bebas sebagai : “Suatu proses sosial dan manajerial tentang bagaimana suatu individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan membuat dan mempertukarkan produk dan nilai dengan yang lain (orang lain)”.

·         Difinisi 2

Proses dan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan pelanggan yang kuat untuk menangkap kembali nilai dari pelanngan.

Ø MARKETING MANAGEMENT (MANAJEMEN PEMASARAN)

·         Menurut American Marketing Association Phillip Kotler adalah “Marketing Management is the process of planning and executing the conception, pricing, promotion, and distribution of ideas, goods, and services to create exchange that satisfy individuals and organizations goals “.Definisi ini mengatakan bahwa manajemen pemasaran adalah suatu proses merencanakan dan melaksanakan konsep, penentuan harga, promosi dan distribusi dari gagasan, barang dan jasa untuk membuat suatu pertukaran yang memuaskan individu atau tujuan organisasi.

·         Menurut ahli pemasaran lain, Kotler mengatakan bahwa:“Marketing management as the art and science of choosing target markets and getting, keeping, and growing customers through creating, delivering, and communicating superior customer value”Definisi ini mengatakan bahwa manajemen pemasaran adalah suatu gabungan antara seni dengan ilmu mengenai pemilihan target pasar, memperoleh, menjaga dan menumbuhkan pelanggan, melalui proses penciptaan, penyampaian, dan mengkomunikasikan nilai lebih yang diterima pelanggan.

·         Seni dan ilmu pengetahuan tentang bagaimana memilih pasar sasaran dan membangun hubungan yang menguntungkan dengan pelanggan.Menciptakan,menyerahkan dan menkomunikasikan nilai-nilai yang unggul kepada pelanggan.

·         MARKETING MANAGEMENT = COUSTOMER MANAGEMENT.Artinya bagaimana cara mengelola pelanggan.

·         MARKETING MANAGEMENT = DEMAND MARKETING.Artinya bagaiman mengelola permintaan.Tugasnya = pemasar harus menumbuhkan tingkat permintaan dari permintaan yang rendah hingga permintaan yang tinggi.

Ø KONSEP INTI PEMASARAN

·         NEEDS,WANTS & DEMANDS

v  NEEDS (KEBUTUHAN) = keadaan yang muncul dari perasaan kekurangan/tuntutan dasar manusia seperti udara,air,sandang dan papan.

v  WANTS (KEINGINAN) = bentuk kebutuhan yang sudah dipengaruhi oleh budaya dan kepribadian seseorang.

v  DEMANDS (PERMINTAAN) = keinginan yang didukung oleh daya beli.

·         PRODUCT = GOODS & SERVICES

v  PRODUCT = Segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan,dibeli,dikonsumsi untuk memenuhi kenutuhan dan keinginannya.

v  GOODS (BARANG) = Sesuatu yang berwujud,dapat disimpan,diraba,dirasa dan menghasilkan perpindahan kepemilikan setelah diperjualbelikan.

v  JASA (SERVICES) = Suatu kegiatan dan manfaat  yang pada hakikatnya tidak berwujud (intangibility),beranekaragaman(variability),tak dapat dipisahkan(Unseparability),tidak tahan lama(perishability) dan tidak menghasilkan kepemilikan.

v  Bentuk-bentuk yang dapat dipasarkan

ü  Goods

ü  Services

ü  Experiences

ü  Events

ü  Persons

ü  Places

ü  Properties

ü  Organizations

ü  Informations

ü  Ideas

·         VALUE & SATISFACTION

v  VALUE (NILAI) = Resiko antara banyaknya yang diterima pelanggan dan yang diberikan pelanggan (manfaat : biaya)

v  SATISFACTION (KEPUASAN) = Perasaan (kecewa,puas,sangat puas)setelah membandingkan kualitas/kinerja suatu produk/jasa antara yang diharapkan(expected quality) dengan yang dirasakannya (perceived quality).

v  Dimensi kualitas product (barang)

ü  Performance/Kinerja

ü  Realibility/Keandalan

ü  Durability/tahan lama

ü  Conformance/Sesuai spesifikasi

ü  Safety/Aman

ü  Services ability

ü  Aesthetic/Indah

v  Dimensi kualitas Services (Jasa)

ü  Reliability/Keandalan

ü  Assurace/Jaminan

ü  Responsiveness

ü  Emphaty

·         EXCHANGE,TRANSACTIONS & RELATIONSHIPS

v  EXCHANGE (PERTUKARAN) = Proses mendapatkan produk dari pihak lain dengan cara menawarkan sesuatu sebagai imbalannya.

v  TRANSACTIONS (TRANSAKSI) = Perdagangan sesuatu yang bernilai atau penting antara dua pihak atau lebih berdasarkan kesepakata waktu,tempat dan dengan alat pembayaran yang sah.

v  RELATIONSHIP (HUBUNGAN) = Proses menciptakan,memilahara dan meningkatkan hubungan erat dengan pelanggan dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

·         MARKET (PASAR)

v  Market (pasar) = sekumpulan pembeli aktual dan potensial atas suatu produk atau jasa.

v  Pasar itu memiliki daya beli.

v  Pasar itu dapat dibedakan berdasarkan : jenis kelaminnya,pendapatnya,domisilinya,tingkat pendidikannya kepribadiannya,dsb.

v  MARKET IS NOT SYNONYMOUS WITH “STORES” OR “SHOPING CENTER”.

v  MARKET = CUSTOMER = BUYER + CONSUMER.

v  Syarat menjadi customer

1.      Memiliki kebutuhan akan produk tertentu

2.      Memiliki daya beli = uang

3.      Memiliki kemauan untuk menggunakan daya beli

4.      Memiliki kesempatan

v  MARKET PLACE (TEMPAT PASAR) = pasar dalam bentuk fisik (Pasar senen,pasar tanah abang).

v  MARKET SPACE (RUANG PASAR) = pasar yang bersifat digital (orang membeli suatu produk melalui layanan internet).

v  METAMARKET = sekelompok produk dan jasa komplementasi (saling melengkapi) yang menurut pikiran konsumen dianggap erat berhubungan tetapi sumbernya menyebar pada industri yang berbeda.

Ø Proses pemasaran mencakup 5 langkah

1.      Memahami pasar dan kebutuhan serta keinginan pelanggan

2.      Merancang program pemasaran yang digerakan oleh pelanggan

3.      Membangun program pemasaran terintegrasi yang memberikan nilai yang unggul

4.      Membangun hubungan yang mebguntungkan dan mencitakan kepuasan pelanggan

5.      Menanggap nilai dari pelanggan untuk menciptakan keuntungan dan ekuitas pelanggan

 

-DaMaR-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: